Informasi tentang bermain melodi gitar


  1. Potong rapi kuku pada jari tangan kiri Anda.Sebelumnya saya sarankan anda memotong/merapikan kuku jari-jari tangan kiri anda. Ini sangat berguna, karena nantinya jika kuku jari tangan kiri anda panjang-panjang maka anda akan susah untuk menekan senar-senar pada fret gitar.
  2. Menggunakan Teknik Up Down Stroke
    Teknik Up Down adalah memetik senar dengan menggunakan pick atau kuku dengan cara khusus. Cara khusus-nya adalah jika biasanya kita memetik hanya dengan mengayunkan pick/kuku kebawah, maka teknik ini mengharuskan anda memetik senar gitar dengan cara mengayunkan kuku/pick kebawah dan keatas secara berurutan.

    Hasilnya adalah anda dapat menciptakan kecepatan petikan yang 2x lebih cepat dari pada melakukan petikan kebawah saja.
  3. Melatih kecepatan jari anda dalam bermain gitar

    Kecepatan jari tangna sangat berperan penting dalam bermain melodi gitar. Tanpa kecepatan yang tinggi seorang gitaris tidak akan bisa memainkan melodi melodi cepat yang indah. Semakin cepat kecepatan jari seorang gitaris juga menandakan semakin hebatnya gitaris tersebut.
  4. Menggunakan Tab Gitar
    Tab gitar adalah sejenis tanda baca untuk bermain melodi gitar dari sebuah buku, ataupun video. Jika di piano kita memakai notasi balok untuk membaca not/nada, maka di gitar kita mempunyai sebuah tab/tablature. Jadi bisa dikatakan tab gitar adalah notasi baloknya gitar.

    Berbeda dengan notasi balok yang menggunakan durasi, di tab gitar tidak disediakan durasi, atau berapa lama senar harus dipencet.
  5. Menguasai teknik hammering
    Hammering atau Hammer-on adalah sebuah teknik gitar yang sudah dipakai oleh banyak gitaris hebat sejak dulu. Teknik gitar ini sangat sederhana yaitu dengan membunyikan dua sampai 4 nada sekaligus hanya dengan sekali petik. Bagaimana ini bisa dilakukan? Caranya sangat mudah yaitu dengan cara menggunakan 4 jari tangan kiri dengan sedikit sentuhan khusus.
  6. Menguasai teknik sliding
    Teknik sliding juga banyak dipakai oleh gitaris-gitaris hebat seperti Joe Satriani, Paul Gilbert, dll. Teknik sliding yaitu teknik gitar yang dilakukan dengan cara menyeret jari tangan kiri ke nada yang lebih tinggi, atau sebaliknya menyeret jari tangan ke fret yang lebih rendah.
nailan-share
BERMAIN GITAR

Minimnya skill bermain gitar membuat suasana fellowship di berbagai persekutuan kantor kadang jadi kaku dan kurang bergairah. Skill semacam ini memanng tidak hanya didapat dalam waktu singkat. Tapi 5 jurus singkat gL! di hawah ini mungkin dapat membantu jika Anda melatihnya secara konsisten selama minimal 3 hulan, dan setiap harinya selamma 1 hingga 2 jam.




 1: jangan Lupa Kunci
Kunci adalah nyawa dari permainan gitar. Tanpa kunci, meski kita tahu semua jurus ritem, dijamin kita tidak akan pernah tahu bunyinya seperti apa. Pelajarilah semua kunci dasar seperti C, D, E, F, (3, A, B) beserta semua bentuk minor dan #nya (kecuali untuk kunci B memakai bentuk Bb). Biasanya buku tentang kunci-kunci ini dijual bebas di pasaran. Satu tips yang patut diingat, sebenarnya bentuknya begitu-begitu saja. Jangan dibuat pusing dengan nama-nama yang berbeda. Contoh: bila kunci C digeser sejauh 2 fret akan menghasilkan kunci D, padahal bentuknya sama, hanya letaknya yang berbeda.
Jurus 2: Dua Teknik Dasar
PETIKAN: Ketika memetik gitar, tidak perlu membayangkan harus seperti lagu "KKEB"-nya Andre Hehanusa atau "Tears In Heaven"-nya Eric Clapton. Sebaliknya, petiklah dengan sederhana seperti 3 contoh berikut ini:
Perhatikan posisi jari: jari jempol untuk 3 senar bas, sedangkan 3 senar lainnya dipetik oleh 3 jari pada gamhar.
Penyederhanaan: jari jempol=1, jari telunjuk=2, jari tenguh=3 dan jari minis=4.
1. 1-2-3.4.3-2 dengan l berpindah-pindah bas
2. 1-2-3-4-2 dengan 34 dipetik bersamaan
3. 1.234 dengan 234 dipetik hersamaan sebanyak 3x.
Setelah Anda nmencoba ketiganya, GABUNGKAN SEMUA TEKNIK! Memainkan lagu KKEB bukan impian lagi.
RITEM: Ini hal yang sebetulnya sederhana. Kalau pengamen jalanan saja tekniknya bagus, mengapa kita tidak? Alasan utama ketidak-mampuan ini adalah kurangnya latihan. Jika Anda sungguh serius, sisihkan waktu untuk melatihnya minimal 1 jam sehari. Latihan: Untuk ritem sederhananya dibagi menjadi ritem ke bawah dan ke atas. Untuk ke bawah= l dan ke atas=2.
1. 1-1-2-2-1
2. 1-2-2-1-2-2-1
 3. Jangan Lupa Bawa Buku NyanyianSekarang buku lagu-lagu Praise & Worship yang lazim digunakan dan sudah banyak dijual bebas di pasaran. Biasanya apa yang tertera di buku-buku semacam ini sudah disederhanakan sehingga menyanyikannya pun mudah saja.

 4: Berlatih Running Chord Untuk Bermazmur
Sebelum kita bisa membawa orang lain agar mengalami saat yang indah dalam memuji & bermazmur bagi-Nya, kita harus mengalaminya terlebih dulu. Cobalah untuk berdiam diri dengan bermazmur bagi-Nya dengan menggunakan running chord 4/4 seperti misalnya (jika bermain di kunci C): C-F, C-AmDm-G, F-Em-Dm-G. Semakin sering dilantunkan, feeling Anda akan semakin terasah dan Anda akan terheran-heran melihat perkembangan skill Anda.
 5: PD
Percaya diri! That's the best thing. Walau Anda banyak melakukan kesalahan (terutama biasanya salah kunci), lanjutkan saja dengan tertawa bersama teman-teman Anda. Dijamin, mereka semua pasti ikut tersenyum. Toh pada akhirnya, bukan permainan gitar/nyanyian kita yang diterima oleh-Nya, tapi kesungguhan hati kita
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

One Response to this post

  1. Unknown on February 23, 2013 at 11:26 PM

    ship

Leave a comment